Membuat View CodeIgniter4

Nama: Adrian Ismu Arifianto    

NRP : 5025211116 

Kelas : PBKK A 

Link Code: GitHub 


Pada kelas PBKK ke-11, tugasnya adalah membuat tampilan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan CodeIgniter. Dokumentasinya dapat dilihat di bawah ini.

Download CodeIgniter dari link ini: https://www.codeigniter.com/download. Pilih versi CodeIgniter 4. Setelah selesai mengunduh, ekstrak file yang telah diunduh ke direktori apache/htdocs. Sebagai alternatif, gunakan perintah (composer create-project codeigniter4/appstarter <nama_project>) di dalam direktori apache/htdocs.

Buatlah file view dengan nama ppdb.php di dalam folder /app/Views. Selanjutnya, edit file controller default yang berada di /Controllers/Home.php untuk mengembalikan view yang telah dibuat seperti berikut.


Pastikan file routes di /app/Config/Routes.php juga mengarah ke controller yang tepat, yaitu Home.php.


Setelah semua setup dilakukan dengan benar, langkah selanjutnya adalah mengedit file view (sebelumnya dibuat di /app/Views/daftar.php) agar sesuai dan serupa dengan contoh tampilan PPDB pada instruksi. Berikut adalah hasil akhir dari file view tersebut.


Langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Gunakan perintah 'php spark serve' di terminal, lalu buka localhost:8080 pada browser. 


Jika berhasil, tampilannya akan serupa dengan yang dijelaskan sebelumnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MVC CodeIgniter pada Toko Online

QUIZ 1 PBKK A